Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Belajar Demokrasi Melalui Kegiatan Pilsis di MTs Pembangunan Jakarta

MTs Pembangunan Jakarta mengadakan kegiatan pemilihan OSIS dan MPK periode 2024/2025. The Powerful Change is in Your Hands itulah tema kegiatan Pemilihan OSIS dan MPK. Kegiatan tersebut telah dimulai pada tanggal 13 November 2023 dan akan berakhir di tanggal 4 Januari 2024. Partisipan dari bakal calon pengurus OSIS dan MPK diambil dari peserta didik kelas VII dan VIII. Khusus untuk peserta didik kelas VII, mereka hanya dapat mendaftarkan diri sebagai bakal calon pengurus MPK, sementara peserta didik kelas VIII dapat memilih untuk mendaftarkan diri menjadi Calon Pengurus MPK atau OSIS.

 

Kegiatan Pilsis sendiri terbagi menjadi 3 tahap, yaitu Tahap 1: Seleksi berkas yang dilaksanakan pada tanggal 13-15 November 2023, tahap 2: Materi dan Penugasan pada tanggal 20-22 November 2023, dan Tahap 3: Wawancara Calon Pengurus OSIS & MPK pada tanggal 27 November 2023. Dari hasil ketiga tahap tersebut, terpilih 26 Pengurus MPK dan 55 Pengurus OSIS Masa Bakti 2024/2025 serta 4 kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS & 3 kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua MPK periode 2024/2025.

 

Pak Saiful Akbar, selaku ketua panitia Pilsis tahun ini mengutarakan bahwa kegiatan ini sebagai ajang berkembangnya demokrasi sejak dini. “Saya turut senang karena dari proses seleksi yang telah dilaksanakan telah terpilih pasangan calon OSIS dan MPK tahun ini sehingga menjadi ajang belajar demokrasi sejak dini. Rangkaian ini tentunya belum usai dan yang paling dinantikan adalah proses pemilihan yang akan dilaksanakan nanti.” Ujar Pak Saiful Akbar (14/12).

 

Seluruh calon kandidat saat ini sedang melakukan kampanye bersama dengan tim sukses, baik melalui media cetak maupun media elektronik. Timses dari masing-masing calon gencar dilakukan dengan menggunakan berbagai platform seperti melalui Instagram dan Whatsapp. Pada tanggal 2 Januari 2024, akan dilaksanakan Debat Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS & MPK yang akan dilaksanakan pada pukul 07:00 s.d. 09:30 yang berlokasi di Lapangan Futsal MP dan dihadiri oleh Ketua Komite MTs Pembangunan Jakarta sekaligus yang menjadi salah satu Panelis Debat Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS & MPK Periode 2024/2025.

 

Seluruh peserta didik MTs. Pembangunan Jakarta sangat antusias mengikuti proses registrasi awal sampai seleksi lanjutan. Dalam proses seleksi, peserta didik mencoba untuk memaksimalkan diri dari seleksi tahap 1 sampai tahap terakhir, walapun adanya proses eliminasi, namun peserta didik tetap sportif dan berlapang dada atas hasil seleksi yang diumumkan. [ars]