Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Unjuk Bakat Peserta Didik dalam Acara Pesta Literasi 2024

Kegiatan pesta literasi baru saja dilaksanakan di MTs Pembangunan Jakarta (7/5), yang dilaksanakan di Aula Mukti Ali dan Lantai Oranye. Kegiatan tersebut mengusung tema “Literasi Muda untuk Semua.” Seluruh partisipan acara pesta literasi turut memeriahkan acara kali ini, terutama peserta didik yang mampu menunjukkan bakat-bakatnya dalam bidang literasi.

 

Pesta literasi bertujuan untuk memberikan stimulus kepada partisipan bahwa segala hal yang berkaitan dengan literasi sangat penting adanya. Bapak Drs. H. Sugiono yang membuka acara ini menyampaikan hal penting terkait literasi. “Seiring dengan perkembangan zaman, literasi semakin berkembang pesat menuju pada berbagai aspek, di antaranya literasi baca tulis, literasi sains, literasi numerasi, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya,” ungkapnya (7/5).

 

Kegiatan pesta literasi dibuka dengan penampilan deklamasi puisi oleh Autumn Rose Jahroni (IX F) yang membacakan puisi “Kamus Kecil” karya Joko Pinurbo dan “Kelenjar Nira” karya Dian Hartati. Rose, sapaan akrabnya membawakan puisi dengan memukau membuat penonton memberikan apresiasi untuknya. Selain itu, penampilan musikalisasi puisi dari Binar Beningembun (VIII G), Adly Rafa Mumtaz (IX G), dan Muhamad Rafa Herdiansyah (IX E) juga tidak kalah memukau dengan aransemen yang mereka buat. Mereka membawakan puisi “Lukisan Berwarna” karya Joko Pinurbo dan “Binar” karya Binar Beningembun. Selain itu, penampilan speech juga menarik perhatian partisipan karena dibawakan oleh seseorang yang sudah berpengalaman, yaitu Keira Alifia Khairunnisa (IX F).

 

Dua moderator yang hebat, yaitu Amanda Syafira Putri Eliza (VIII E) dan Abiyya Ni Dyah Nur Salma (VIII D) menemani pemateri dengan begitu akrabnya. Kak Dian Hartati, penulis puisi yang kaya pengalaman menjadi narasumber kegiatan ini. Banyak hal yang disampaikan terkait dengan penulisan puisi sampai pada akhirnya peserta didik membuat larik-larik puisi yang indah. Kak Dian Hartati menuturkan mengapa ia senang menulis puisi. “Awalnya sejak saya kuliah, saya selalu diberikan pertanyaan oleh dosen dan lainnya, mana puisinya? yang membuat saya tergugah untuk membuat puisi, dari kekepoan itulah yang membuat saya konsisten menulis puisi, satu hari satu puisi” ujar Kak Dian Hartati saat berbincang dengan moderator (7/5).

 

Selain itu, beberapa kegiatan yang menarik dalam acara kali ini, di antaranya, tukar buku, pameran karya, dan panggung kreativitas. Tidak sedikit yang antusias pada kegiatan yang berlokasi di Lantai Oranye itu, peserta didik semangat untuk menukarkan buku yang telah mereka baca. Tak kalah menarik lagi, ada peluncuran pentigraf Melodi Cinta Di Bawah Pohon Willow karya peserta didik kelas VIII, penghargaan dari perpustakaan untuk peminjam buku terbanyak, peluncuran duta perpustakaan dan klub buku, dan masih banyak lainnya.

 

Kepala Madrasah, Bapak Jaenal Mutaqin, M.Pd. menyampaikan bahwa setiap peserta didik memiliki bakat yang berbeda dan harus terfasilitasi. “Pesta literasi dengan tema literasi muda untuk semua memberikan sebuah pesan bahwa setiap peserta didik memiliki kemampuan literasi yang berbeda-beda dan harus terfasilitasi dengan baik,” ungkap beliau saat sambutan (7/5).

 

Kegiatan pesta literasi ini dihadiri oleh Kasubdit Pendidikan Dasar Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta, Bapak Drs. H. Sugiono, Komite MTs Pembangunan Jakarta, Ibu Galuh Indriyani, S.Psi., Narasumber, Dian Hartati, S.S., M.Pd., Kepala MTs Pembangunan Jakarta, Bapak Jaenal Mutaqin, M.Pd., Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Bapak Fajar Candra Perdapa, M.Pd., Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Bapak Aqsol Aziz, M.A., Kepala Perpustakaan, Bapak Ahmad Sandy Rizani, S.Pd., Kepala TU, Bapak Effron Faulusia, S.E., Dewan guru dan staf MTs Pembangunan Jakarta, dan seluruh peserta didik MTs Pembangunan Jakarta. [ARS]