Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Berkunjung ke “Baca di Tebet”

Peserta didik MTs Pembangunan mengunjungi Perpustakaan “Baca di Tebet”. Kegiatan ini rangkaian menulis fiksi ilmiah peserta didik kelas 8. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Perpustakaan MP, Senin (13/6). 

 

 

    Deasy Tirayoh, penulis fiksi ilmiah mengatakan, “saya sedang berhadapan dengan para penulis. Deasy menjelaskan, pada fiksi ilmiah, ada fakta dalam cerita, yang didasarkan pada sains dan teknologi juga, melibatkan fantasi, di sisi lain banyak unsur supranatural yang terjadi di dunia, dan yang tidak pernah ada. 

 

Deasy menambahkan, harus ada riset pustaka, wawancara orang, ada insight dari wawancara orang. Contoh, cerita Doraemon dalam hal storytelling atau present. “Contoh karya Sci-fi atau fiksi ilmiah sebenarnya sudah ditulis abad ke-2, pada abad ke-18 baru dipublikasikan,” ujarnya.  

 

 

Selain itu, Deasy memaparkan dalam menulis ada 3 hal penting yaitu paham tata bahasa, logika bahasa, dan catatan pinggir. “Kak Deasy belum pernah ke Perancis, tetapi kak Deasy riset ke Google, dan mencari data pendukung atau pelengkap,” ucapnya.    

Gledys Spectiana (8A) menyatakan, senang sekali dan dapat ilmu baru dari penulis fiksi ilmiah. “Kita tetap semangat berkarya,” ucapnya. [fcp]