Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Capaian Kelas Tahfidz Tahun Pelajaran 2019/2020

Kelas tahfidz MTs tahun pelajaran 2019/2020 berhasil mencapai target hafalan yang telah ditentukan tim tahfidz, baik itu kelas 7 maupun kelas 8. Kepala MTs Pembangunan, Momon Mujiburrahman mengungkapkan bahwa pengembangan kelas tahfidz dan prestasi yang diraih sampai saat ini, tidak lepas dari peran ustaz dan ustazah yang sangat gigih, berjuang mendampingi dan mengantarkan anak-anak untuk bisa istiqomah. 

 

Beliau menjelaskankan, kelas 7 rata-rata sudah 5 juz, sedangkan kelas 8 rata-rata sudah 7 juz, bahkan ada yang sudah mencapai 24 juz. Menurut Samsul Ariyadi, pengajar tahfidz, capaian kelas 8 ini sudah sesuai target. Sementara untuk kelas 9, masih ada yang belum tuntas.

 

Ia menambahkan bahwa terkait teknik setoran ada dua cara, ada yang menambah hafalan atau ziyadah dan yang mengulang. “Yang pertama, memorinya sangat kuat dan yang kedua guru bisa mengoreksi bacaan murid yang kurang tepat. Menyetor hafalan tidak bisa ditawar dan harus dilafalkan di depan guru,” ucap ustaz Samsul. 

 

Pada masa pandemi setoran hafalan dilakukan secara online. “Kami sudah membuat kesepakatan dengan anak-anak, membuat grup WhatsApp. Di dalam grup WA itu, kami bentuk grup lagi.  Dalam satu kali video call, bisa 5 orang,” tambahnya.

 

  Wakil bidang kurikulum MTs Pembangunan, Mardi menambahkan, untuk angkatan pertama, kelas 8 yang naik ke kelas 9 sudah sesuai target. Target mereka adalah maksimal di kelas 9 mencapai 10 juz. Begitu juga kelas 7 naik ke kelas 8, target mereka minimal 5 juz. 

 

“Ke depannya diharapkan mereka dapat menghafal sambil memahami artinya. Adanya PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ini, kita terkendala dengan komunikasi, seperti di zoom dan google meet kadang suaranya tidak begitu jelas,” ucap Mardi ketika diminta keterangannya. [fcp]