Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Guru MTs Pembangunan Ikuti Pelatihan Aplikasi Penunjang PJJ

MTs Pembangunan mengadakan kegiatan pelatihan pemanfaatan aplikasi penunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tahun pelajaran 2020-2021, bertempat di kelas 8A, Rabu (24.6). Kepala MTs Pembangunan, Momon Mujiburrahman membuka acara tersebut. Beliau mengungkapkan bahwa yang paling mahal dan banyak dicari di zaman sekarang, orang inovatif dan kreatif. “Untuk itu, mari sama-sama mengupgrade diri kita. Kita mencari sesuatu yang berharga buat kita semua,” ungkapnya.   

 

Dalam kesempatan tersebut, Hanifah Hifni menyampaikan materi Quizizz. Ia menjelaskan langkah awal penggunaan Quizizz, dimulai dari membuka Google, lalu mencari Quizizz, mendaftar menggunakan email MP, serta proses mencari soal orang lalu dijadikan milik kita. Soal dibuat dalam bentuk pilihan ganda. “Karena kuis ini untuk diambil nilai, sehingga kita memilih classic bukan team,” tambahnya. 

 

Pemateri kedua, Saiful Akbar menyampaikan pemanfaatan aplikasi rekam layar yang menggunakan Bandicam. Sebelum menjelaskan aplikasi tersebut, ia membagikan file Bandicam di Google Drive dalam bentuk Winrar. “Ada tiga tahapan, recording, editing, dan  publishing,” ujarnya. 

 

Selanjutnya pemateri ketiga, Fairus Qamila menjelaskan cara mendaftar Youtube dan membuat channel menggunakan akun Gmail sendiri.. “Yang kedua personal branding itu penting agar kita punya ciri khas, konten video, silakan pilih konten yang bermanfaat bagi siswa MTs saja, tetapi siswa di luar sana juga,” ungkapnya.     

 

Ia menjelaskan cara membuat video intro dan outro, membuat intro menggunakan aplikasi Picsart. Pertama-tama, download Picsart di Playstore. Setelah berhasil mendownload, langkah selanjutnya membuat intro di Picsart. Setelah membuat intro, lalu menggabungkan dengan aplikasi Filmora Go untuk membuat dan mengedit video. 

 

Guru Bahasa Indonesia, Fajar Candra Perdapa mengungkapkan bahwa senang sekali mendapatkan ilmu baru, mulai dari aplikasi Quizizz, aplikasi rekam layar Bandicam, Picsart, dan filmoraGo.  [fcp]