Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Kelas Tahfidz MTs. Ikuti Pelatihan Ilmu Nagham Alquran

MTs. Pembangunan mengadakan pelatihan Nagham Alquran pada kelas tahfidz. Pelatihan ini diadakan setiap Selasa dan Rabu pukul 18.15-19.15 wib atau setelah shalat magrib. Pembelajaran dilakukan secara daring menggunakan zoom meeting, minggu pertama Agustus, Selasa (4/8). Selanjutnya, agenda ini akan diadakan setiap bulan secara bertahap. 

    

Pemateri ilmu nagham, Idham Khalid menjelaskan, materi tambahan khusus ini untuk kelas tahfidz, supaya tidak hanya menghafalkan Alquran, tetapi juga mempelajari bidang ilmu lain dalam Alquran. Ia juga menjelaskan, ilmu ini bukan hanya untuk para qori yang membaca Alquran dengan tempo sangat lambat, melainkan juga bisa diterapkan pada para hafiz dan hafizah, dengan cara membaca Alquran, tempo yang normal. “Alhamdulillah, kehadiran anak-anak kelas 7H, 8H, dan 9H, lebih dari 95%. Mereka antusias karena ilmu nagham ini jarang dipelajari, mereka memanfaatkan betul kesempatan yang ada ini,” ucapnya.

 

 Idham menambahkan, dari 7 nagham atau irama yang akan dipelajari, sudah 2, bayati dan nahawand. Sengaja tidak banyak, sedikit demi sedikit tetapi bisa melekat dengan cara sering diulang dan dicontohkan. Ia mengungkapkan bahwa belajar ilmu nagham melalui virtual, kesulitannya ada, karena terkadang suaranya kurang jelas. Jadi, ketika mencontohkan tiba-tiba ada sebagian yang hilang suaranya. “Harus sering diulang-ulang, supaya mereka terbiasa,  karena berkaitan dengan irama-irama, itu modal utamanya, lama-kelamaan akan lebih mudah dalam menguasainya, sama seperti belajar bahasa,” ucapnya. [fcp]