Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MTs Adakan Sosialisasi Bijak Menggunakan Gadget

MTs Pembangunan berkolaborasi dengan Guru BK (Bimbingan Konseling) mengadakan sosialisasi bijak menggunakan gawai, dengan tema “Smart Teens Must Be Wise Using Gadgets”. Sosialisasi diisi oleh Tim DIAR (Edukasi Anak dan Remaja), Rabu (24/2). Sebanyak 190 peserta didik kelas 7 mengikuti kegiatan tersebut. Hadir juga wali kelas 7, guru BK, dan pimpinan MTs melalui zoom meeting dan live streaming Youtube.

     

Dalam kesempatan tersebut, pemateri dari Tim DIAR Nur Firdaus menyampaikan sebuah pertanyaan tentang apa itu gadget dan fungsi gadget kepada peserta didik kelas 7. Banyak sekali respon peserta di chat zoom. 

 

“Waspada,  gangguan gadget bisa menghebatkan juga  merugikan,” ungkap Nur Firdaus. Ada tiga poin utama dalam pemaparan materi, yaitu penjelasan dampak positif dan negatif penggunaan gadget secara biologis, time-management menggunakan gadget, dan definisi adiksi serta tingkatan, menuju adiksi tersebut. 

 

Selain itu, di akhir sosialisasi peserta didik diberikan post test oleh panitia, Hasil post test menunjukkan 91% peserta didik merasakan manfaat dari acara tersebut, dan ada 9% tidak merasa ada manfaatnya. Sekitar 17 anak akan diberikan follow-up materi tentang pemahaman, kebermanfaatan, maupun intervensi tersendiri untuk time-management menggunakan gadget. 

 

Wakil Bidang Kesiswaan Aqsol Aziz mengatakan bahwa pentingnya menjaga adab dan akhlak dalam menggunakan gadget untuk nantinya kita bisa dapatkan sarana informatif dan komunikasi yang positif.  

 

Alya Dwi Safitri (7C) mengungkapkan bahwa program ini sangat bagus, kita lebih bijak dalam menggunakan gadget. “Harapannya, kita semua bisa menggunakan gadget untuk hal positif,” ujarnya. [fcp]