Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MTs Gelar MATSAMA 2021

MTs Pembangunan UIN menyelenggarakan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2021/2022 secara virtual. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 5 hari, Senin-Jumat (12-16/7). Kegiatan yang diikuti peserta didik kelas 7 dan dihadiri pengurus OSIS ini mengangkat tema “Ciptakan Generasi Potensial di Era New Normal”. MATSAMA dibuka oleh kepala MTs Pembangunan, Momon Mujiburrahman. 

 

Senin (12/7), kegiatan diawali dengan sosialisasi MATSAMA 2021, pukul 09.00 WIB. Kegiatan meliputi penjelasan mengenai rundown acara, tata tertib, dan tugas selama MATSAMA 2021, disampaikan Miss Dewi, Miss Hani, dan Ustadz Suheri melalui Zoom.      

      

Selasa (13/7), pembukaan MATSAMA 2021; diawali dengan laporan ketua pelaksana, Fajar Candra Perdapa. Dalam laporannya, ia menyatakan, tetap jaga kesehatan walaupun di rumah. “Kami ucapkan terima kasih kepada wali murid yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik di MTs Pembangunan,” ujarnya. 

 

Dalam sambutannya, Kepala MTs menjelaskan tentang makna MATSAMA bagi peserta didik kelas 7. Setelah itu, mereka menyaksikan penayangan video profil MP, ice breaking, materi 1 oleh kepala MTs Pembangunan, penayangan video perkenalan guru MTs Pembangunan, dan terakhir peserta didik mengisi kuis terkait materi hari itu.

 

Rabu (14/7), kegiatan diawali Habitual Curriculum (HC); diisi dengan shalat dhuha, dibimbing oleh Ahmad Zaki dan Hj. Eha Soriha. Penyampaian materi 2 tentang  kesiswaan oleh Wakil Bidang kesiswaan Aqsol Aziz, MA (moderator: Miss Hani). Penayangan video ekstrakurikuler, video OSIS MTs, evaluasi dengan wali kelas masing-masing selama 30 menit, dan terakhir adalah kuis tentang materi kesiswaan.     

 

Kamis (15/7), penyampaian materi 3 terkait kurikulum dan perpustakaan oleh Wakil Bidang Kurikulum, Mardi, M.A. Beliau memaparkan bahwa Senin, Rabu, dan Jumat diisi HC (daring) sedangkan Selasa dan Kamis HC secara luring. Penyampaian materi 4, perpustakaan oleh Kepala Perpustakaan MP, Abdul Mutaqin. Beliau menyampaikan betapa pentingnya fungsi perpustakaan di sekolah dalam menunjang proses pembelajaran secara umum. “Perpustakaan itu menjadi pusat kegiatan belajar mengajar,” ungkapnya.      

   

Pada sesi penutupan diumumkan bintang MATSAMA 2021 dan talkshow, Jumat (16/7). Kegiatan talkshow, dibagi menjadi dua sesi yaitu bersama psikolog dan bersama alumni MTs Pembangunan, dimoderatori oleh Dona Dyah Kusumawardhani.   

 

Psikolog Poppy Nenta Benitha, M.Psi. menyampaikan materi dengan judul Aku Generasi Hebat, Berprestasi, Bermartabat. Poppy menyatakan tipe kepribadian anak, ada tipe sanguinis, tipe koleris, tipe plegmatis, dan tipe melankolis. Ia menambahkan, faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri yakni faktor individu, faktor perilaku, dan faktor lingkungan.   

     

  Alumni MTs Pembangunan, Muhammad Fawwaz Farhan Farabi menyampaikan motivasi. Menurutnya, bahwa syarat generasi potensial di era new normal harus berpikir cepat, adaptif, bervisi, dan pintar mencari peluang. Ia meminta peserta Matsama untuk mempublikasikan di instastory 5 target yang ingin dicapai di MTs Pembangunan dan tag juga di Instagram @fawwazfrhn @osis_mpuin.

 

Di akhir kegiatan ini, diumumkan bintang Matsama 2021 terpilih dan bintang Matsama favorit. Terpilihlah atas nama Keira Alifia Khairunnisa (kelompok 7F) dan  Muhammad Evan Aditya (kelompok 7G). [fcp]