Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MTs Pembangunan Adakan Amaliah Ramadhan 1442 H

MTs Pembangunan mengadakan Amaliah Ramadhan selama empat hari, Senin-Kamis (3-6/5) secara virtual. Amaliah Ramadhan ini diikuti seluruh peserta didik kelas 8, dengan tema ‘Ekspresikan Kreativitas Diri dan Semangat Ibadah di Bulan Penuh Berkah’.

 

Ketua pelaksana, Idham Khalid menyampaikan tujuan dari amaliah Ramadhan ini agar PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) saat Ramadhan bervariasi dan dan lebih dekat dengan Alquran.

 

 Kegiatan ini dibuka oleh Kepala MTs Pembangunan Momon Mujiburrahman, MA, Senin (3/5). Diawali dengan HC (habitual curiculum) bersama wali kelas,  tadarus Alquran sesuai dengan juz yang sudah ditentukan, setiap orang membaca 1/3 juz. Diselingi ice breaking,  lalu acara pembukaan (pembacaan ayat suci Alquran beserta saritilawah, sambutan dan materi).

 

 Materi pertama yaitu membaca surat Al-Fatihah yang dibimbing ustadz Ahmad Zaki dan ustadzah Krisdayanti. Selanjutnya, kegiatan pembacaan kisah-kisah islami, setiap kelas 2 orang yang tampil. Kegiatan terakhir adalah setoran hafalan HC dengan wali kelas masing-masing.    

 

Selasa (4/5), setelah HC bersama wali kelas masing-masing, peserta didik join zoom meeting berdasarkan link yang telah dibagikan. Pukul 08.15-08.50 peserta didik mengikuti kegiatan tahsin, kemudian pembacaan kisah-kisah islami, ice breaking, dan penayangan video pemenang pidato sobat Ramadhan 1442 H. Selanjutnya, sambutan dan pengarahan Wakil Bidang Kesiswaan Aqsol Aziz. Setelah itu, persiapan peserta didik masuk main room untuk virtual tour ke Turki, tepatnya Hagia Sophia dan Museum Topkapi Palace, dibimbing oleh Tour Guide  Kak Fikri Khodairi.

 

Rabu (5/5), setelah HC dan tadarus, peserta didik bersiap-siap join zoom meeting. Setelah itu penyampaian informasi tentang tugas pembuatan proyek Ramadhan (membuat kartu ucapan selamat hari raya online). 

 

Kamis (6/5) peserta didik mengikuti kegiatan khataman dan doa bersama yang dibimbing oleh Ustadz Syamsul Aryadi dan pembawa acara Dhania Afinie Wardhana (8C). Selanjutnya, pengumuman pemenang proyek Ramadhan dan penampilan dari setiap perwakilan kelas 8A-8H. Acara terakhir, penutupan oleh Wakil Bidang Kurikulum Mardi, MA. [fcp]