Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MTs Pembangunan Gelar MATSAMA secara Virtual

Mengawali tahun pelajaran 2020/2021 MTs Pembangunan mengadakan kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) secara virtual bagi peserta didik kelas 7, bertempat di Aula Mukti Ali selama empat hari, Selasa - Jumat (14-17/7), dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

  

Respon dan pengakuan dari peserta didik sungguh menggembirakan. Hal ini didasarkan pada hasil survei instrumen Google Form, hampir mayoritas anak-anak mengatakan senang sampai dengan sangat menyenangkan. MATSAMA yang diadakan secara virtual ini dibuka  seperti biasa, ada ice breaking, yel-yel, dan kuis interaktif. Untuk pelaksanaannya, tetap melibatkan pengurus OSIS. “Walaupun tidak dalam satu tempat, desain acara tidak dibuat satu arah, tetapi dalam bentuk talkshow, satu narasumber didampingi dua pembawa acara”, ucap Kamad.

 

Hari pertama, Selasa (14/7) kegiatan diawali dengan pembukaan dan pengarahan MATSAMA. Selanjutnya, kegiatan pembacaan ayat suci Alquran, sambutan Direktur MP, sambutan Kepala MTs, dan sambutan ketua panitia. Kemudian peserta didik disajikan profil MTs Pembangunan serta pengenalan para wali kelas. Di akhir acara diisi dengan kuis.

 

Rabu (15/7) MATSAMA diisi dengan HC (Habitual Curriculum), penyampaian materi kedua oleh Wakil Kurikulum Mardi, MA., perkenalan guru MTs Pembangunan, virtual tour MTs Pembangunan, dan di sesi akhir diisi dengan kuis.

   

Kamis (16/7) setelah melaksanakan kegiatan HC (Habitual Curriculum), kemudian peserta didik mendapatkan materi kesiswaan oleh Wakil Kesiswaan Aqsol Aziz, MA., perkenalan OSIS MTs dan dilanjutkan pengenalan kegiatan ekskul.

     

Jumat (17/7) peserta didik melaksanakan shalat dhuha dan membaca Alquran, kemudian menerima materi literasi dan perpustakaan, yang disampaikan oleh Kepala UPT Perpustakaan MP Abdul Mutaqin, S.Ag dan terakhir sosialisasi kegiatan sekolah (bilingual dan tahfidz).

 

Menurut ketua panitia MATSAMA Suheri Anggara Putra, MATSAMA tahun ini luar biasa, karena merupakan pengalaman pertama MATSAMA virtual. Banyak hal baru yang tidak kita ketahui namun seiring waktu kita bisa belajar. “Alhamdulillah, MATSAMA berjalan lancar walaupun banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Tetap semangat belajar dan terus berkarya,” tegas Suheri. [fcp]