Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MTs Pembangunan Gelar Penguatan Bahasa Arab

MTs Pembangunan menggelar penguatan bahasa Arab bagi peserta didik kelas 7 di ruang kelas 7 dan Gedung Aula Mukti Ali (lantai 4), Senin (28/3). Kegiatan ini dibuka Sabtu, 22 Januari 2022 melalui Zoom dan dilaksanakan Senin-Rabu, (28-30/3).

 

Senin (28/3), pemberian materi penulisan huruf hijaiyah sesuai kaidah per huruf (di awal, tengah, dan akhir). Sesi kedua pukul 12.45-15.25 WIB, peserta didik kelas 7 datang ke MP untuk mendapatkan materi yang sama. 

 

Selasa (29/3), penyampaian materi penulisan Hamzah berdasarkan posisinya (di awal, tengah, dan akhir). Kemudian istirahat dan lanjut latihan menyambung huruf dan membaca. Sesi kedua, masih dengan peserta didik kelas 7 tetapi dengan kelompok berbeda.   

 

Rabu (30/3) pukul 07.00-09.30 WIB, sesi pertama diisi dengan pelatihan menulis Arab digital (pengaturan keyboard dan tata letak huruf) di Aula Mukti Ali. Selanjutnya, di sesi kedua pukul 10.00-12.30 WIB, peserta didik kelas 7 menuju ke aula untuk menulis Arab digital.  

 

Ketua  pelaksana, Suheri Anggara Putra menjelaskan bahwa acara berjalan lancar. “Sekarang lebih menitikberatkan praktik menulis huruf Hijaiyah dan diselingi menulis kaligrafi dengan pulpen snowman 3.0, itu yang menjadi daya tarik peserta didik sehingga suka”. 

 

Suheri mengungkapkan, mengetik bahasa Arab memanfaatkan laptop, jika ada laptop yang belum terinstal bahasa Arab akan dibantu menginstalkan. Kemudian peserta didik juga mengetik bahasa Arab pada aplikasi Padlet. “Mereka sangat antusias. Tutor kegiatan ini dari Pesantren Darus Sunnah dan aktif di Lemka (Lembaga Kaligrafi Alquran), bahkan tutor tersebut ada yang juara provinsi DKI Jakarta,” ucapnya. [fcp]