Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MTs Pembangunan Sabet Juara 1 Nasional Robotik MRC

Peserta didik MTs Pembangunan, Syahrozad Zalfa Nadia (9F) akrab disapa Ocha, lagi-lagi meraih prestasi, Kamis (4/2). Kali ini Ocha meraih juara 1 pada ajang Madrasah Robotic Competition 2020 tingkat nasional, dilaksanakan Kementerian Agama RI.   

 

Ocha mengungkapkan, MRC ini merupakan event tahunan ke-6. Pada MRC ke-2 2017, ia pernah menyumbangkan prestasi di tingkat MI. Setelah itu, saya tidak diijinkan mengikutinya lagi karena sudah pernah menjadi juara. “Alhamdulillah, saya dapat kesempatan kembali di tingkat MTs, pada tahun ke- 6 ini. Berkat support dan doa ibu-bapak guru, teman-teman, dan handai taulan, hingga saya bisa menyumbangkan prestasi kembali di tingkat MTs,” ujarnya. 

 

Menurut Ocha, yang pertama dipersiapkan adalah desain kendaraan. Bagaimana membuat desain kendaraan yang ringan, sehingga bisa berlari cepat di darat dan meluncur kencang di air. Setelah desain kendaraan, Ocha juga menyiapkan bahan utama robot, yaitu panel surya. Setelah prototype ASV jadi, kemudian melakukan uji coba di bawah sinar matahari untuk mengetahui performa robot. Dilanjutkan membuat video presentasi, babak penyisihan 30 besar, dan 9 besar dilaksanakan secara online.

 

   Ocha menginformasikan bahwa jadwal awal kegiatan lomba ini, semula akan dilaksanakan Oktober-Desember 2020. Karena pemberlakuan PSBB/PPKM, akhirnya Grand Final digelar pada Januari-Februari 2021. “Jika kita melakukan sesuatu dengan serius dan bersungguh-sungguh, kita akan mencapai hasil maksimal dan gemilang.” ucapnya. [fcp]