Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MTs. Pembangunan Terapkan PTS CBT online

MTs Pembangunan mengadakan kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) ganjil tahun pelajaran 2020/2021 berbasis CBT (Computer Based Test). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua minggu, Senin-Jumat (28/9 - 9/10).

 

Dalam kegiatan tersebut, diadakan simulasi I dan simulasi II selama sehari, Senin (28/9). Sebelum simulasi, peserta didik mengikuti HC (habitual curiculum) seperti shalat dhuha dan tadarus, lalu mengerjakan PTS berbasis CBT. 

 

Dalam sehari terdapat satu atau dua mata pelajaran yang diujikan. Sedangkan pada 7-9 Oktober adalah PTS berbasis praktik, ada mata pelajaran Qur'an hadits, Fiqih, dan Aqidah akhlak. 

 

Ketua panitia PTS, Fahmi Wiko Saputra menjelaskan, “Kita menggunakan sistem CBT hampir sama dengan tahun kemarin. Tidak ada kesulitan apa pun, paling koneksi anak-anak saja dan ada yang telat join. Anak-anak lebih banyak terlambat di jam kedua, tidak tahu kenapa,” ucapnya.    

 

 Menurut Fahmi, manfaat adanya simulasi adalah pertama anak-anak tidak bingung bagaimana cara mengerjakan soal CBT. Tentunya menggunakan CBT sangat membantu, anak-anak tidak perlu ribet menulis, hanya fokus pada opsi jawaban saja. “Guru lebih dimudahkan juga, nilai langsung masuk,” ungkapnya. [fcp]