Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

PEMBELAKAN KESEHATAN REPRODUKSI: Bekal Aman Bergaul Remaja Unggul

Telah terlaksana edukasi Kesehatan Reproduksi atau disebut Kespro bagi peserta didik kelas VIII MTs Pembangunan UIN Jakarta Tahun Ajaran 2021-2022. Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun, kali ini mengangkat tema “Bekal Aman Bergaul Remaja Unggul.” Acara ini menjadi rangkaian program bimbingan klasikal satuan guru BK MTs Pembangunan UIN Jakarta yang bekerjasama dengan tim Edukasi Anak dan Remaja (DiAR).

 

Pelatihan dilakukan via Zoom Meeting yang berpusat di studio offline pada Aula Mukti Ali MTs Pembangunan UIN Jakarta. Dari total 193 peserta didik kelas VIII, ada 11 anak yang tidak hadir dan sudah mengikuti kegiatan susulan. Di mana kegiatan susulan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 23 Oktober 2021. Pelatihan ini juga terintegrasi dengan mata pelajaran IPA dan Fikih dengan tujuan mengaitkan esensi materi dan mengganti jam PJJ yang tidak dilaksanakan.

 

Setidak-tidaknya ada tiga tujuan dari dilaksanakannya acara ini, yaitu: langkah preventif kepada peserta didik untuk menghindari pelecehan seksual dini atau perbuatan senonoh di masa mendatang, peserta didik dapat memahami perbedaan baik dari fisiologis, kognitif, dan sebagainya antara laki-laki dan perempuan, serta peserta didik mampu melewati masa akil balighnya dengan baik dan benar sesuai syariat Islam.

 

Dalam pelaksanaannya, seluruh peserta didik dibagi menjadi 10 kelompok (5 kelompok laki-laki dan 5 kelompok perempuan). Di mana pada setiap kelompok akan memasuki breakout room Zoom dan dibimbing oleh kakak fasilitator dari tim DiAR. Selama di breakout room tersebut, peserta didik akan mengikuti kegiatan pembekalan materi dan diskusi seputar reproduksi, pergaulan remaja, menjaga kebersihan diri, dan batasan privasi bagi dirinya.

 

Acara dimulai di main room Zoom pukul 08:00 WIB dengan menerima sambutan dan pembukaan acara yang disampaikan Kepala MTs Pembangunan UIN Jakarta, Bapak Momon Mujiburrahman, M.A. Dilanjut dengan menyimak penjelasan teknis dari Wakil Kepada MTs Pembangunan UIN Jakarta Bidang Kesiswaan, Bapak Aqsol Aziz, M.A.

 

Di akhir acara, panitia juga turut menyebarkan form kehadiran yang sudah terintegrasi dengan kolom refleksi, soal-soal mata pelajaran IPA dan Fikih, serta upload resume materi. Dari situ, akan dilihat bagaimana efektifitas dan kebermanfaatan kegiatan ini bagi peserta didik.

 

Sebagai bentuk follow-up acara Pelatihan Kesehatan Reproduksi, panitia akan menyelenggarakan acara Seminar Parenting Puberty. Di mana setiap wali murid mendapatkan laporan individu tentang bagaimana pergaulan, penggunaan gadget, dan kesiapan di masa akil baligh Ananda. Sehingga nantinya saat Seminar Parenting Puberty, wali murid akan mendapatkan penjelasan lebih lanjut hingga konsultasi tentang laporan atau report individu yang dikirimkan. Untuk waktu dan tanggal