Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Peserta Didik MTs Juara II IPA Terpadu Terintegrasi KSMO 2020

Peserta didik MTs Pembangunan, Salman Rafi Mardianto Umaedi (9F), meraih juara II bidang IPA Terpadu Terintegrasi pada KSMO (Kompetisi Sains Madrasah Online). Pemenang KSMO tingkat Provinsi DKI Jakarta ini diumumkan secara online, Kamis (19/11).  

 

  Menurut Salman (9F), ia sangat senang, meraih peringkat kedua se-DKI Jakarta. Ini pengalaman baru baginya. Ia menambahkan, lomba seperti ini lebih efisien karena tidak harus membuang kertas setelah dipakai dan relatif lebih praktis. “Di kelas 8, saya pernah juara 3 se-Jakarta Selatan, dalam kegiatan Kompetisi Sains Madrasah,” ujarnya.  

  

Selain mengikuti pelatihan dari ibu Fairus, ibu Olivia, dan beberapa dosen, ia juga mengikuti Bimbel (Bimbingan Belajar) dari Nurul Fikri. Persiapan menghadapi kegiatan ini sekitar dua bulan, “Mempelajari sekitar 25-28 soal tentang sistem reproduksi manusia, hereditas, bioteknologi, sistem pencernaan manusia, sistem gerak makhluk hidup, rantai makanan, gerak, kelistrikan, tekanan hidrostatis, cahaya, gelombang, materi optik, itu yang saya ingat,” ujarnya. 

 

Fairus Qamila mengungkapkan, menjelang KSMO, beberapa kali Salman mendapat pembinaan khusus dari dosen UIN Jakarta dan dosen UIN Bandung yang mempunyai latar belakang pembina olimpiade. Ia menambahkan, untuk persiapan khusus KSMO tahun ini sudah dilakukan sejak September 2020. Ada dua kali pembinaan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) setiap minggu. Senin dan Rabu untuk Fisika dan Biologi, Selasa dan Jumat untuk Matematika. 

 

“Yang pasti, saya bangga, bersyukur dan sangat senang. Penantian dari tahun lalu, akhirnya berbuah manis. Mudah-mudahan tahun berikutnya, dapat lebih baik lagi,” ucapnya.  [fcp]