Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Peserta Didik MTs. Raih Grand Prize on IYRC KOREA 2020

Peserta didik MTs. Pembangunan, Rakha Hanif Lutfirrahman (8E) berhasil mengharumkan madrasah. Raka menyabet Grand Prize on IYRC (International Youth Robotic Competition) 2020 yang diselenggarakan (5-6/9) secara online di Korea. Tim Rakha dan Alkhan mendapatkan penghargaan kategori Creative Robot dengan judul project “AGRI BOT Hydroponic System”.

 

Dalam kesempatan tersebut, Rakha menjelaskan bahwa robot ini diciptakan untuk membantu para pecinta tanaman  selama masa pandemi. Agri-bot dibuat agar tanaman-tanaman hias dan taman tetap terpelihara walaupun pemiliknya sibuk daring maupun luring. “Ditambah juga cuaca Indonesia yang terkadang panas dan sangat lembab bisa menyebabkan tanaman layu bahkan mati. Untuk itu, Agri-bot dilengkapi kipas untuk mendinginkan tanaman. Ide ini hasil diskusi tim,” ucapnya.  

 

Karena lomba ini dibuat dalam bentuk video, Rakha tidak merasa seperti  mengikuti kompetisi, tetapi orang tua dan teman se-tim  selalu memberikan motivasi dan semangat. “Saya yang memprogram robotnya, susahnya menyesuaikan kecepatan dan membuat robot itu jalan lurus, dan saya berharap lomba selanjutnya lebih seru sih Pak, karena lomba yang ini tidak dapat feelnya,” ucapnya. [fcp]