Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Rumus Penghafal Quran, Motivasi pada Safari Dhuha Kelas Tahfizh

Safari atau yang lebih dikenal dengan simaan dhuha adalah salah satu program di kelas bilingual tahfizh MTs Pembangunan UIN Jakarta. Program ini dilaksanakan pada waktu dhuha yang difokuskan mendengarkan hafalan salah seorang peserta didik, menambah atau mengulang hafalan, kajian dan motivasi, serta solat dhuha. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 November 2021 secara virtual.

 

Acara dimulai pukul 08.00 WIB yang dipandu oleh ustadzah Krisdayanti, S.Sos. Diawali dengan senandung Al-Quran, solat dhuha dan dzikir oleh ustadz Idham Khalid, M.Ag.  Kemudian simaan juz 6 oleh Irfan Ramadhan Siswanto dari kelas. Irfan mengaku lega dan senang telah melaksanakan simaan juz 6.

 

Setelah mendengarkan simaan, acara dilanjutkan dengan motivasi oleh ustadzah Khaironi Agustini, S.Pd.I. Dalam sesi ini, ustadzah Khaironi menyampaikan rumus untuk para penghafal Al-Quran, yaitu niat yang kuat, ucapkan dan yakinkan pada diri bahwa menghafal itu mudah, hilangkan keraguan, dan usaha sampai maksimal. Motivasi inilah yang penting d untuk para peserta didik kelas tahfizh agar selalu istiqomah dalam menghafal ayat-ayat Allah SWT.

 

Setelah istirahat selama 10 menit acara dilanjutkan dengan majelis 1 dan 2 yang berisi setoran hapalan satu halaman quran yang dilakukan di breakout room dan didampingi oleh guru pembimbingnya masing-masing. Acara ditutup dengan doa oleh ustadz Dr. Syamsul Aryadi, MA.