Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

SCIENCE E-TRIP BLINGUAL SAINS

Memberikan suasana pembelajaran yang berbeda dari biasanya dihadirkan untuk peserta didik kelas bilingual sains kelas 7, 8 dan 9. Science E-Trip merupakan program kerjasama MTs Pembangunan UIN Jakarta dengan Pusat Peragaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK) Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Acara berlangsung pada hari Kamis, 4, 11 dan 18 November 2021 setelah PJJ yang dikelompokkan setiap tingkatan.

 

Peserta didik diajak berkenalan dengan PPIPTEK mulai dari lokasi sampai program dan juga alat praga yang ada di PPIPTEK. Selain itu, Kak Tasya sebagai pemandu dari PPIPTEK akan menampilkan cara kerja dari beberapa alat praga yang sudah disesuaikan dengan materi sains setiap jenjangnya. Diantara alat praganya adalah Teknologi Augmented Reality, sepeda di atas kabel, cermin bervariasi, bola melayang, laser trap, kepala terpancung, bola berpacu, dome kerusakan Bumi, dan lainnya.

 

Disela penayangan alat praga, diadakan sesi tanya jawab antara peserta didik dengan pemandu seputar alat praga yang ditampilkan. Selain itu, ada kuis interaktif berhadiah menggunakan quizizz yang disiapkan panitia bilingual sains MTs Pembangunan UIN Jakarta. Hal ini tentu menambah semangat peserta didik untuk fokus pada materi yang disampaikan. 

 

Setelah alat praga, tayangan selanjutnya adalah demo sains tentang kerja akar, tornado api, ekstraksi DNA dan glow in the dark. Ditayangkan video praktik yang meliputi langkah kerja sampai pembahasan. Kemudian dilanjutkan dengan kuis interaktif berhadiah menggunakan kahoot yang dipandu langsung oleh panitia bilingual sains.

 

Acara ditutup dengan penayangan simulasi pembuatan sampai peluncuran roket air. Peserta didik ajak berkenalan dengan bagian-bagian roket air, bahan yang digunakan, sampai cara meluncurkannya.

 

Atha Kalila kelas 8F mengatakan sangat terhibur dan juga menambah wawasan saat mengikuti acara Science E-Trip. Fathi Ammar Rahman kelas 8E berharap kegiatan serupa akan diadakan saat pembelajaran tatap muka (PTM).