Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

SERUNYA PRAKTIK SAINS KELAS BILINGUAL

“Saya selalu menantikan praktik sains, karena seru dan menyenangkan.” Ungkap Shafa, salah seorang peserta didik kelas 9 bilingual sains MTs Pembangunan UIN Jakarta yang mengaku sangat senang mengikuti praktik sains kelas bilingual. 

 

 

Akhlakul karimah, basic sains, dan bahasa, merupakan tiga pilar keunggulan dalam pembelajaran di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Praktik sains adalah salah satu program di kelas bilingual sains MTs Pembangunan UIN Jakarta yang merupakan penerapan basic sains dalam pembelajaran.

 


Kelas 7, 8 dan 9 bilingual secara rutin melakukan praktik sains sebulan sekali setiap hari kamis pukul 14.20 - 15.40 WIB. Tema praktik yang bervariasi serta dikaitkan dengan konsep sains yang sedang dipelajari, membuat pembelajaran tetap semangat meskipun dilakukan setelah jam pelajaran berakhir. Salah satu tema praktik sains bilingual adalah membuat hologram. Praktik ini memanfaatkan plastik mika yang dibentuk bangun limas persegi panjang tanpa alas dan smartphone untuk memproyeksikan video 3D ke plastik mika.

 

Hasil pembuatan hologram 3D

 

Jafniah Andira kelas 7E menjelaskan praktik sains yang paling favorit adalah membuat hologram. Saat plastik mika ditaruh di tengah layar smartphone, gambar yang berada di layar berubah menjadi 3D. “Hal itu sangat menarik dan indah, aku sangat menikmati keindahannya.”

 

Hasil praktik giant tooth paste (Pasta Gigi Gajah) Kelas 9

 

Kenzeta kelas 8E mengaku, sangat menyukai praktik sains berjudul giant tooth paste. “Aku paling suka praktik ini karena seru banget. Reaksi liquid soap, fermipan, bleach dan food colouring keren banget, jadi berasa scientist.”

 

Dalam praktik sains, peserta didik dibimbing oleh beberapa guru sains. Di akhir sesi praktik ada pembahasan serta pengisian worksheet tentang praktik yang sudah dilaksanakan. Hasilnya akan dijadikan penilaian dalam rapot sains kelas bilingual semester 1 dan 2. Dhiya Nayla kelas 7E berharap semoga praktik sains tetap dipertahankan karena sangat menyenangkan. (fq)