Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Siswi MTs Pembangunan UIN Jakarta Raih Medali Emas di Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2021

Di tengah masa pandemi Covid-19, siswi MTs Pembangunan UIN Jakarta kembali berprestasi dengan memboyong medali emas di tingkat nasional. Medali emas kali ini diraih oleh Ratu Natalie Angelica Putri, siswi yang saat ini duduk di bangku kelas 9 melalui Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021.

 

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai wahana membangun semangat kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Pada masa pandemi Covid-19 ini, Kementerian Agama tetap melaksanakan kegiatan KSM tahun 2021 dengan menggunakan skema Kompetisi Sains Madrasah tahun 2021 secara daring untuk tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi. Adapun untuk KSM Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring di setiap kanwil atau tempat yang ditunjuk oleh Kanwil Provinsi KSM 2021.

 

Dalam pelaksanaan KSM 2021, Ratu Natalie Angelica Putri telah melalui seleksi di tingkat madrasah pada bulan Juni 2021. Ratu mewakili MTs Pembangunan UIN Jakarta untuk Bidang Studi IPS Terpadu Terintegrasi di tingkat kabupaten/kota. Di tingkat kabupaten/kota, Ratu meraih juara 2 tingkat Kota Jakarta Selatan dan mewakili Kota Jakarta Selatan untuk melaju di tingkat KSM Provinsi. Adapun di tingkat Provinsi DKI Jakarta, Ratu mendapat juara 1 yang membawanya mewakili Provinsi DKI Jakarta di tingkat KSM Nasional pada 23 Oktober 2021.

 

Capaian prestasi yang diboyong Ratu Natalie Angelica Putri baik dari tingkat kabupaten/kota hingga tingkat provinsi tidak lepas dari doa dan ikhtiar Ratu bersama para guru pembimbing bidang IPS MTs Pembangunan UIN Jakarta selama perhelatan KSM 2021 berlangsung. Di bawah bimbingan guru bidang IPS yakni Ibu Nur Alfi Laili, S.Pd., Ibu Hj. Maulidati Sabat, S.Pd., dan Bapak Dry Muharma, M.Pd., Ananda Ratu dimotivasi untuk mampu menjaga konsentrasi, fokus, dan tenang dalam menghadapi setiap kompetisi.

 

Tidak hanya bimbingan guru bidang IPS, beberapa guru bidang studi memberikan pembinaan secara khusus yang meliputi bidang studi Fikih, Al Quran dan Hadis, Akidah Akhlak, dan Bahasa Arab. Pembinaan kolaborasi guru antarbidang dilakukan secara berkelanjutan  menjelang KSM tingkat nasional. Hal tersebut dilakukan guna memberikan pemahaman dan persiapan kepada Ratu terkait integrasi materi IPS dengan materi sains dan agama secara komprehensif.

 

Sebagai wujud persiapan menghadapi KSM 2021 tingkat nasional, kolaborasi pembinaan dilakukan olehi Tim KSM MTs Pembangunan UIN Jakarta yang meliputi kepala madrasah beserta wakil kepala madrasah, dan Guru Pembimbing bersama Tim dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta  guna mempersiapkan Ratu Natalie Angelica Putri agar lebih maksimal dan siap menghadapi kompetisi tingkat nasional.

 

Upaya maksimal yang dilakukan Ratu membuahkan hasil terbaik. Ananda Ratu meraih medali emas untuk Bidang IPS Terpadu Terintegrasi tingkat nasional pada KSM tahun 2021. Ratu menambah koleksi prestasi siswa MTs Pembangunan UIN Jakarta di perhelatan tahunan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2021. Selain itu, harapan seluruh warga MTs Pembangunan UIN Jakarta atas capaian yang didapatkan Ratu dapat menjadi insipirasi dan motivasi bagi siswa-siswi Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. (AHF)