Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Sosialisasi Bijak Menggunakan Gadget : “Be Careful and Creative is Using Gadget in Digital Madrasah”

Tim Bimbingan dan Konseling Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Bijak Menggunakan Gadget dengan tema “Be Careful and Creative is Using Gadget in Digital Madrasah” tahun ajaran 2022/2023 dengan narasumber Bapak Setiyo Iswoyo. Acara tersebut diselenggarakan secara tatap muka pada tanggal 14 Oktober 2022, yang diikuti oleh 165 peserta didik kelas 7. Acara sosialisasi Bijak Menggunakan gadget dipandu langsung oleh MC yakni Peserta Didik kelas 7E Sofia Latifa Diasyah bentuk kegiatan sendiri terdiri atas pemaparan materi, penugasan, diskusi dan Tanya jawab. Acara diawali dengan host mempersilahkan narasumber untuk memaparkan materi. 

Bapak Setiyo Iswoyo atau biasa disapa dengan Pak Is membuka kegiatan sosialisasi Bijak menggunakan Gadget dengan mengelompokkan siswa menjadi 1 kelompok yang berisi 10 siswa, setelah itu Pak Is memanggil para ketua kelompok untuk menyebutkan dampak negatif dan dampak positif yang ada pada gadget, melanjut hal itu pak is menyebutkan beberapa kondisi nyata tentang penggunaan gawai di kalangan anak dan remaja. Baik dari intensitas, gawai yang sangat dekat dengan kehidupan atau aplikasi apa saja yang digunakan, hingga fenomena-fenomena bergawai lainnya. Pak Is juga menjelaskan gawai bisa menjadi hal yang menguntungkan namun juga bisa merugikan, seperti meringankan pekerjaan rumah, meringankan mobilitas maupun menghemat waktu dalam kehidupan sehari-hari. Namun ketika tidak digunakan secara bijak, gawai akan mejadi boomerang untuk kita sebagai pengguna. 

Kegiatan bersifat interaktif karena adanya penugasan kelompok maupun siswa diajak untuk memiliki pendapat tersendiri atas penggunaan gawai yang tidak lepas dari hidup mereka, sedari bangun tidur hingga tidur lagi karena masa depan yang sukses dan bahagia ditentukan sedini mungkin tergantung dari kebijaksanaan kita dalam memilih.

Ada beberapa materi yang menjadi fokus utama narasumber, yakni:

  • Memperhatikan sumber jika mendapatkan informasi dari internet

  • Dampak sosial media 

  • Dampak fisik atau biologis penggunaan gawai berlebihan

  • Tips cerdas menggunakan gawai

  • Cara mengatur timing dan duration menggunakan gawai

 

Tidak lupa Pak Is menyisipkan ice breaking di sela-sela acara agar siswa tidak bosan selama acara berlangsung, masih dalam suasana maulid nabi pak is mengajak siswa untuk mengingat dan meneladani nabi dengan melantunkan sholawat dan juga pak is mengajak pak momon untuk memberikan sepatah dua patah kata dalam meneladani nabi Muhammad SAW. Acara lalu ditutup dengan Pak Is meminta siswa untuk menyebutkan hal apa saja yang dapat mengurangi penggunaan gadget, setelah menuliskan hal tersebut siswa di minta untuk memberitahukan kepada orangtua tentang yang ia dapat pada sosialisasi bijak menggunakan gadget. Selain itu, ada pemberian reward kepada dua Peserta Didik terpilih yang aktif Dua Peserta Didik tersebut adalah atas nama Ananda Akmal dari kelas 7D dan Ananda Sofia dari kelas 7E.