Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Stadium General Bilingual Class 2021 MTs Pembangunan

MTs Pembangunan menyelenggarakan Stadium General Bilingual Class tahun pelajaran 2021/2022. Kegiatan ini dilaksanakan siang hari pukul 13.00-15.15 WIB secara virtual, di zoom meeting. Stadium General kali ini mengambil tema yaitu “Develop our language Skills For Brighter Future”, Kamis (5/8).

 

Direktur MP, Dr. H. Bahrissalim, MA membuka Stadium General Bilingual Class 2021 dan menyampaikan sambutan. Beliau menyatakan bahwa stadium general ini penting diadakan untuk memotivasi dan menginspirasi peserta didik dalam melakukan kegiatan Bilingual Program. “Kompetensi bahasa Arab dan bahasa Inggris penting di era saat ini. Kunci untuk belajar bahasa adalah berlatih, berlatih, dan berlatih. Saya berharap program ini dapat membantu mereka untuk berkembang, menginspirasi, dan memotivasi mereka.” 

 

Stadium General kali ini mengundang alumni MTs Pembangunan yaitu Nino Nafan Hudzaifi dan Safira Adlina sebagai pemateri. Acara dibuka MC Abyan dan Keira. Selain itu, ada ice breaking dan sharing pengalaman belajar di kelas bilingual, yang dimoderatori Fahmi Wiko Saputra dan Hanifah Hifni.

 

Pembicara pertama, Nino Nafan Hudzaifi biasa dipanggil Kak Nino, sangat antusias dan gembira. Saat mengawali pembicaraan dengan host Hanifah Hifni. Nino bercerita, pelajaran bahasa Arab yang pernah Pak Mardi ajarkan. Ia pernah menjadi Ketua OSIS masa bakti 2014-2015 dan bercita-cita menjadi presiden Indonesia.   

 

Nino menceritakan, banyak yang didapat dan bermanfaat, berupa pengalaman selama belajar di kelas bilingual. Dia bercerita ada legitimasi ketika belajar di kelas bilingual dengan adanya bahasa Inggris dan bahasa Arab, itu pun membuat kita termotivasi belajar bahasa. “Grammar itu tidak begitu penting, yang terpenting adalah orang memahami atau mengerti apa yang kamu katakan dengan berbahasa Inggris, bahasa Tarzan,” ucap Nino.

 

Ia menambahkan, kata kuncinya adalah percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Itulah modal awal belajar bahasa Inggris. “Namanya juga belajar, maklumi saja dan manfaat masuk kelas bilingual yaitu people and connection,” ujarnya.  

 

Dan ia bercerita kesuksesan kita itu atas izin Allah SWT dan berbahasa Inggris itu adalah salah satu support sukses kita di masa depan. Lalu ada bahasa Arab dan bahasa Mandarin, dan lain sebagainya.

 

Menurut Safira Adlina, senang belajar di kelas bilingual. Safira menambahkan bahwa kamu semua harus bisa mengeksplor kemampuan diri sendiri agar sukses di masa depan. Ia bercerita peran dari Pak Tajul yang mengarahkan dan memotivasi ia agar masuk MAN Insan Cendekia saat belajar di kelas bilingual. “Motivasi yang diberikan Pak Sandy, kalau kamu malas-malas sekarang, akan tertinggal. Karena di luar sana, banyak yang kerja keras untuk menggapai kesuksesan,” ujar Safira. [fcp]