Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Tahun Pelajaran 2020/2021 Peserta Didik MTs BDR

Sudah dipastikan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) peserta didik MTs semester I tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara virtual/online, atau yang lebih dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar dari Rumah (BDR). .Kepastian ini disampaikan langsung oleh Kepala MTs Pembangunan, Momon Mujiburrahman. “Pembelajaran tahun pelajaran 2020/2021 belum bisa berjalan sebagaimana mestinya, karena adanya pandemi covid-19. Peserta didik belum diperbolehkan datang ke sekolah, termasuk bapak ibu guru,” tegasnya.

 

Beliau menambahkan, “Agar PJJ berjalan dengan baik, perlu ada persiapan yang matang. Selain itu, dalam pelaksanaannya perlu dikombinasikan pembelajaran daring dan luring, online atau offline, dikenal istilah blended learning. Persentasenya daring 60% dan luring 40%, atau bisa bersifat dinamis,  bergantung kepada setiap bapak ibu guru dalam menyesuaikan setiap KD,” ucapnya.

 

Momon Mujiburrahman menjelaskan, hal lain yang juga perlu menjadi perhatian adalah terkait penggunaan seragam saat belajar, perkenalan,  kontrak belajar, pemberian motivasi agar mereka semangat, KKM, serta petunjuk pelaksanaan pembiasaan selama Belajar dari Rumah. Terkait materi pembealajaran, “Sebelum tahun pelajaran baru ini, bapak Ibu guru sudah memilah dan memilih, mana KD yang bisa dipelajari di rumah oleh siswa dan KD yang diajarkan guru, KD esensial,” tambahnya. [fcp]